BPOM DI PANGKALPINANG SELENGGARAKAN KIE KEAMANAN PANGAN SEKOLAH
16 Januari 2023 11:06
Berita Aktual

Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efektifitas pengawasan Obat dan Makanan dengan memberdayakan masyarakat pada umumnya. Misalnya untuk terwujudnya Keamanan Pangan Sekolah  tentunya dapat melibatkan komunitas sekolah seperti guru maupun siswa/siswinya. Oleh karena itu, BPOM di Pangkalpinang melaksanakan KIE Keamanan Pangan Sekolah di UPTD SD Negeri 1 Belinyu Kabupaten Bangka pada tanggal 13 Januari 2023.

Kegiatan KIE yang dilaksanakan di salah satu ruang pembelajaran di UPTD SD Negeri 1 Belinyu diikuti oleh 60 (enam puluh) peserta yang terdiri dari siswa/siswi dan guru. Kegiatan yang dibuka oleh Bapak Agustiar selaku Koordinator Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka dihadiri juga oleh Kepala Sekolah UPTD SD Negeri 1 Belinyu. Dalam sambutannya beliau menyampaikan akan pentingnya sekolah menjaga keamanan pangan yang dijajakan pada kantin sekolah agar siswa/siswi dapat terhindar dari pangan yang membahayakan kesehatan. Selain itu juga, Ibu Sofiyani Chandrawati Anwar, S.Si.,Apt.,M.Si selaku Kepala BPOM di Pangkalpinang menyampaikan siswa/siswi sebagai generasi penerus bangsa dapat diberikan pemahaman tentang bagaimana menjadi konsumen yang cerdas agar dapat melindungi diri dari obat dan makanan yang tidak terjamin keamanannya.

Kegiatan yang diisi dengan penyampaian materi mengenai 5 Kunci Memilih Pangan Yang Aman dan Cek KLIK oleh Pejabat Fungsional Pengawas Farmasi  dan Makanan Ahli Muda BPOM di Pangkalpinang diikuti peserta dengan sangat antusias. Selain penyampaian materi, kegiatan juga diisi dengan sampling pangan di kantin sekolah serta pengujian menggunakan rapid test kit dengan hasil  semua sampel memenuhi syarat atau tidak mengandung bahan berbahaya seperti boraks, formalin maupun pewarna tekstil rhodamin B dan methanil yellow. Siswa/siswi UPTD SD Negeri 1 Belinyu pun dengan sangat semangat mengikuti lagu dan tarian pompi  yang mengandung pesan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan menghindari makanan yang mengandung 3 (tiga) bahaya seperti bahaya kimia, biologis dan fisik.

Dengan adanya kegiatan KIE Keamanan Pangan Sekolah, diharapkan terciptanya Keamanan Pangan Sekolah di UPTD SD Negeri 1 Belinyu maupun lingkungan di sekitarnya.

 BPOM di Pangkalpinang