Himbauan dan Pengawasan Jajanan anak CHIKIBUL
11 Januari 2023 09:20
Berita Aktual

Balai POM di Pangkalpinang mengadakan sosialisasi Pengawasan Pangan Siap Saji yang disajikan dengan menggunakan Nitrogen Cair (Chiki Ngebul/ Smoke Snack) pada hari Selasa tanggal 10 Januari 2023. Apa itu Chikibul? Chikibul/Smoke Snack/Dragon Breath merupakan pangan olahan siap saji golongan pangan ekstrudat yang dituangkan/dicelup Nitrogen cair/Liquid Nitrogen (LN2) untuk mendinginkan pangan tersebut secara cepat serta menghasilkan efek dingin dan berasap.

Kepala Balai POM di Pangkalpinang menyampaikan materi terkait Pengawasan Chikibul/ Smoke Snack/ Dragon Breath yang menggunakan Nitrogen Cair.  Sebagai langkah kehati-hatian, Badan POM melarang sementara waktu penggunaan LN2 pada pangan jajanan sampai terbitnya pedoman mitigasi risiko penggunaan LN2. Beliau menjelaskan beberapa Efek dari Penggunaan Nitrogen Cair (LN2) ini seperti dapat menyebabkan sesak nafas apabila terus menghirup gas nitrogen dalam jumlah berlebihan, apabila kontak dengan bagian tubuh/kulit dapat menyebabkan cold burns (kondisi ketika kulit dan jaringan di bawahnya rusak atau mati akibat paparan suhu yang sangat dingin) atau bisa menimbulkan luka melepuh di kulit dan Jika tertelan dapat menyebabkan kerusakan organ pencernaan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dinas Kesehatan Provinsi/Kabupaten/Kota dan Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota di Wilayah kerja BPOM di Pangkalpinang secara daring. Diharapkan dengan kegiatan ini BPOM dan Pemerintah Daerah bersama sama melakukan Pengawasan dan Sosialisasi ke masyarakat sehingga dapat mencegah terjadinya kejadian yang tidak diinginkan akibat penggunaan Nitrogen Cair.

                                                                                                            Balai POM di Pangkalpinang