Intensifikasi Pengawasan Pangan Olahan dalam rangka Nataru 2023 Balai POM di Pangkalpinang
6 Januari 2023 09:46
Berita Aktual

Kegiatan Intensifikasi Pengawasan Pangan Olahan dalam rangka Nataru 2023 oleh Balai POM di Pangkalpinang telah dilakukan hingga tahap V yaitu per tanggal 4 Januari 2023. Sejak tahap I per tanggal 1 Desember 2022 hingga tahap akhir pengawasan telah dilakukan pemeriksaan terhadap 44 sarana distribusi pangan olahan yang  meliputi distributor, supermarket, minimarket, toko-toko grosir maupun toko-toko di pasar. Dari 44 sarana yang diperiksa, 27 sarana diantaranya masih ditemukan produk pangan olahan dengan kemasan rusak (bocor, penyok/ berkarat), kedaluwarsa dan pangan tanpa izin edar yang masih dipajang di etalase penjualan.

Produk pangan olahan yang ditemukan kedaluwarsa ataupun rusak saat pemeriksaan tersebut di pisahkan dari display produk layak jual untuk di tempatkan di tempat khusus produk rusak/ED dan sarana di minta untuk melakukan retur untuk produk yang dapat di retur ataupun pemusnahan untuk produk yang tidak dapat di-retur. Produk tanpa izin edar sudah dilakukan pengamanan ditempat sesuai dengan pedoman tindak lanjut. Petugas juga melakukan pembinaan kepada sarana untuk selalu rutin melakukan pengecekan kualitas produk yang dijual seperti pengecekan tanggal kedaluwarsa, kondisi kemasan, izin edar, label, kebersihan produk serta tidak menerima produk tanpa izin edar untuk di jual di sarana.

Balai POM di Pangkalpinang menghimbau pelaku usaha yang mendistibusikan dan/atau memperdagangkan pangan olahan untuk senantiasa memastikan keamanan dan mutu produk yang didistribusikan dan/atau diperdagangkan. Balai POM di Pangkalpinang mengajak masyarakat agar selalu menjadi konsumen yang cerdas, selalu menerapkan Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Eda dan Kedaluwarsa) dalam setiap membeli produk pangan olahan.

Kami mengharapkan masyarakat agar dapat berperan aktif dalam memberikan informasi terkait temuan produk pangan olahan tanpa izin edar, kadaluarsa ataupun yang rusak ke Balai POM di Pangkalpinang melalui kontak kami dibawah ini:

WA/SMS : 08117821666; Instagram :@bpom.pangkalpinang; Twitter : @BPOMBabel

Balai POM di Pangkalpinang