Bimtek Keamanan Pangan dan Fasilitasi Penerapan Keamanan Pangan Bagi Komunitas Desa Dorong Komunitas dan Pelaku Usaha Desa untuk Sadar Pangan Aman
26 September 2021 18:25
Berita Aktual

Pada Tanggal 17 – 25 September 2021 telah dilanjutkan rangkaian kegiatan Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) di Kabupaten Bangka yaitu Bimbingan Teknis Keamanan Pangan dan Fasilitasi Penerapan Keamanan Pangan Bagi Komunitas Desa. Kegiatan berlangsung di 4 (empat) desa intervensi antara lain Desa Bukit Layang , Desa Puding Besar, Desa Saing dan Desa Tanah Bawah.

Pelaksanaan kegiatan ini tetap mengutamakan protokol kesehatan. Jumlah komunitas yang dilatih masing-masing desa sebanyak 50 (lima puluh) orang yang  terdiri dari komunitas ibu rumah tangga, ibu hamil, ibu menyusui, ibu dengan anak balita/balita stunting, remaja, sekolah, ritel, pelaku usaha pangan siap saji dan pelaku usaha pangan olahan industri rumah tangga pangan.

Narasumber bimtek antara lain dari  Balai POM di Pangkalpinang, Dinas Kesehatan Kab. Bangka dan Kader Keamanan Pangan Desa. Pemaparan materi disampaikan dalam bentuk presentasi dan video-video terkait keamanan pangan serta diskusi terkait masalah keamanan pangan yang ada di desa.

Selain itu dilaksanakan juga intensifikasi pengawasan pada produk pangan yang dijual atau diproduksi oleh komunitas. Pengujian sampel menggunakan Tes Kit Bahan Berbahaya untuk uji Formalin, Borak, Rhodamin B dan Methanil Yellow. Dari hasil uji dengan Tes Kit Bahan Berbahaya tidak ada sampel yang diduga mengandung bahan berbahaya pada pangan. Dalam hal penerapan keamanan pangan, komunitas desa masih minim pemahamam akan pentingnya keamanan pangan.

Maka melalui Bimbingan Teknis dan Fasilitasi penerapan keamanan pangan ini diharapkan komunitas desa dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran terkait keamanan pangan sehingga menerapkannya dalam rumah tangga maupun usaha di bidang pangan.

Bersama-sama Sadar Pangan Aman, Bersama Wujudkan Desa Pangan Aman.

Balai POM di Pangkalpinang