Pertemuan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) Kabupaten Bangka Tengah
23 September 2021 22:55
Berita Aktual

Dalam rangka Peningkatan Kualitas Produk P-IRT, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah menyelenggarakan kegiatan Pertemuan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP). Kegiatan ini di buka secara resmi oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kab. Bangka Tengah, Zaitun, S.Si., Apt., M.P.H. Bertempat di Gedung Serba Guna Kecamatan Namang, Bangka Tengah, pada Kamis, 23 September 2021.

Penyuluhan Keamanan Pangan merupakan kegiataan rutin yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah. Dengan mengundang para Pemilik atau penanggungjawab produksi pangan industri rumah tangga di wilayah Bangka Tengah. Setidaknya sekitar 100 orang peserta menghadiri kegiatan ini demi meningkatkan pengetahuan dalam menjalankan bisnis yang dikelolanya agar semakin baik.

Seperti biasa, pada setiap kegiatan ini Balai POM di Pangkalpinang selalu hadir untuk memberikan informasi sebagai salah satu narasumber terpercaya. Kepala Balai POM di Pangkalpinang, Tedy Wirawan, M.Si., Apt. memberi pembekalan kepada para pelaku Industri Rumah Tangga Pangan agar mampu memproduksi pangan yang sehat, aman, bermutu dan higienis dalam presentasinya mengenai Bahan Tambahan Pangan (BTP) dan Keamanan Pangan.

Dari hasil pengawasan peredaran produk pangan di wilayah Bangka Belitung yang dilakukan oleh Balai POM di Pangkalpinang masih ditemukannya produk pangan yang tidak memenuhi syarat atau (TMS) yang mengandung bahan berbahaya seperti Rhodamin B yang digunakan untuk pewarna merah pada makanan (sirup, kerupuk, saos, terasi ), sedangkan Boraks yang biasanya digunakanuntuk pengawet dan pengenyal  pada kerupuk, tahu dan bakso, dan Formalin sebagai pengawet.

Diakhir kegiatan, para peserta diberi kesempatan untuk bertanya berkaitan materi yang telah diberikan ataupun mengenai produksi pangan hasil olahan yang telah mereka jalankan. Dengan adanya kegiatan Penyuluhan keamanan Pangan ini semoga mampu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang mengolah pangan sehingga tidak ada cemaran baik kimia, biologi maupun fisik yang ikut masuk dalam pangan baik itu melalui tempat pengolahan, peralatan yang digunakan, perilaku pengolahnya sendiri atau dari bahan makanannya sehingga aman bagi konsumen.

Semoga dengan mengikuti kegiatan penyuluhan keamanan pangan ini, diharapkan bisa memberikan pemahaman dan kesadaran untuk memproduksi pangan aman dan bermutu sehinngga UMKM di Bangka Belitung semakin berkembang dan bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Balai POM di Pangkalpinang